• By Republika Newsroom Jumat, 20 Maret 2009

DOHA -- Sehelai karpet yang dibuat di India 150 tahun lalu untuk menghias makam Nabi Muhammad di Madinah terjual hampir 5,5 juta dollar AS dalam lelang di Doha. Penawaran sedianya dimulai dari 5 milyar dollar namun kemudian diturunkan menjadi 4,5 juta akibat sepinya peminat. Permadani ini, dikenal sebagai karpet mutiara Baroda, dibuat dengan menggunakan mutiara asli yang diperkirakan berjumlah dua juta butir. Benda itu juga dihiasi dengan ratusan potong batu mulia, termasuk berlian, safir, rubi dan emeral.

Sebuah hadiah

"Kami harus menurunkan harga penawaran awal menjadi 4,5 juta dollar dan karpet mutiara ini akhirnya terjual seharga 5,458 juta," termasuk komisi dan biaya, tulis kantor berita AFP yang mengutip juru bicara rumah lelang Sotheby's Habib Basha. Identitas sang pembeli tidak disebutkan karena yang bersangkutan minta supaya dirahasiakan, kata Basha.

Diyakini karpet mutiara Baroda ini dibuat oleh Maharaja Baroda di India yang kaya raya, Gaekwar Khande Rao, sebagai hadiah untuk diletakkan di makam Nabi Muhammad. Karena sang maharaja kemudian mangkat, maka karpet itu tidak pernah dikirim dan tetap berada di India, dan telah dipamerkan sebagai karya utama dalam Pameran Delhi sejak lebih dari 100 tahun lalu.

Belakangan, benda ini dibawa seorang anggota keluarga ke Monaco. Mutiara-mutiara asli, disebut Basra, yang menjadi hiasannya diambil dari perairan Teluk. Karpet ini dibuat akhir tahun 1860an, sebagian besar berwarna merah dan biru, dengan juluran ranting bunga dan tiga rangkaian mawar besar pada bagian tengahnya. - bbc/ahi

http://zanikhan.multiply.com/profile

0 Responses so far.

Post a Comment

Terima Kasih Kerana Memberi Komen Anda